Pengembangan Kreativitas dan Literasi Melalui Mading Sekolah

Salah satu kegiatan rutin yang diadakan di SD Santo Yosef Duri adalah pembuatan mading sekolah. Mading sekolah dibuat sekali sebulan secara bergiliran perkelas, dengan tema yang berbeda setiap bulannya.

Kegiatan Mading sekolah ini bertujuan untuk pengembangan kreativitas siswa dan memupuk budaya literasi siswa. Melalui mading sekolah, siswa SD Santo Yosef begitu terpacu untuk menuangkan ide dan kreatifitasnya. Berbagai kreasi mereka tuangkan pada mading sekolah, baik dalam bentuk tulisan seperti puisi dan pantun maupun dalam bentuk gambar yang berisi ajakan.

Antusiasme juga terlihat saat mereka mulai menempelkan hasil karyanya dan karya teman-temannya, mereka menata dan berkreasi sedemikian rupa dengan berbagai hiasan yang dibuat sendiri agar mading tersebut indah dan menarik perhatian banyak orang. Mereka begitu senang saat beberapa teman-temannya melayangkan pujian pada hasil karyanya. Sesekali mereka mendekati guru yang sedang mengamati hasil karya mereka, sembari berkata “itu hasil karya saya bu/pak, bagus bu/pak “. Begitu bangganya mereka dengan hasil karyanya yang terpampang di mading.

Begitu juga dengan siswa lain, tampilan mading yang kreatif menarik minat siswa untuk membaca. Mereka tidak hanya sekedar mendapat pengetahuan lebih dengan membaca dari mading, mereka pun termotivasi untuk berkreasi.

 

 

red: mo

Comments

comments

Berita